PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Quratul Ain Author
  • Eva Astuti Mulyani universitas riau Author

DOI:

https://doi.org/10.33578/

Keywords:

Pemahaman Matematis, strategi Think Talk Write dan pembelajaran langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol the pretest-posttest. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi Think Talk Write dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang berasal dari dua kelas. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan pemahaman matematis bentuk uraian. Data hasil penelitian berupa skor N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji-independent t-test dan uji Mann-Whitney. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran langsung

Downloads

Published

2018-02-12

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DI SEKOLAH DASAR. (2018). Tunjuk Ajar : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.33578/