KONSTRUKSI KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI MELALUI KURIKULUM MERDEKA PADA ABAD 21
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media sosial dan tantangan masa depan generasi milenial. Avant Garde, 8(2), 134–148.
Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal indentitas nasional Indonesia sebagai jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549–8557.
Barlian, U. C., Solekah, S. & Rahayu, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil kemampuan memecahkan masalah peserta didik MA Darul Muqorrobin pada pembelajaran biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 38–45.
Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Fitriani, M., Nasien, D., & Mahbubah, K. (2022). Analysis of the Among System-Based Discovery and Inquiry Learning Models. Journal of Teaching in Learning in Elementary Education, 5(2), 216-224 http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v5i2.7939
Iranti, A. D., Asih, S. R., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Tentang Garis Bilangan Melalui Permainan Loncat Garis. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 2(1), 25-33. https://ijsteame.ejournal.unri.ac.id/index.php/ijsteame/article/view/12
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224– 1238.
Kahfi, A., (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Dasar. 5(2), p. 139. https://Stai-Binamadani.E-Journal.Id/Jurdir/Article/View/402.
Komara, F. H. T., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB SDN 136 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 216 – 224. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v5i2.7939
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.
Kurniawatik, A. T., Khaerunnisa, K., & Tasya. (2021). Melek information and communications technology (ICT) pada masyarakat pedesaan di era globalisasi. Cebong Journal, 1(1), 1–9.
Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134–144.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI-Press.
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan : rasionalitas revitalisasi praksis pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117– 133.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi dalam memperkokoh karakter bangsa Indonesia. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–81.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M. & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334–4339.
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89.
Sormin, Y., Furnamasari, Y. F. & Dewi, D. A. (2021). Identitas nasional sebagai salah satu determinan pembangunan dan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7278–7285.
Sriwahyuni, E. (2022). Peranan pondok pesantren terhadap pembentukan karakter anak didik di zaman globalisasi. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf dan Peradaban Islam, 2(1), 12–18.
Sutiyono & Suharno. (2018). Reformulasi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan untuk menguatkan nasionalisme warga negara muda di wilayah perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–16.
Widiatama, Mahmud, H. & Suparwi. (2020). Ideologi Pancasila sebagai dasar membangun negara hukum Indonesia. Jurnal USM Law Review, 3(2), 310–327.
Widisuseno, I. (2014). Azas filosofis Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Jurnal Humanika, 20(2), 62–66.
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia. Jurnal Al Ghazali, 2(1), 16–31.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v7i1.67-82
Refbacks
Copyright (c) 2024 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.