PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ariyanti Ariyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui pemberian suatu eksperimen yaitu penerapan pendekatan problem based learning berbasis scaffolding pada siswa sekolah dasar. Desain penelitian menggunakan tipe Quasi-Experimental design dengan pre-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di 3 Sekolah Dasar yang terletak di Kota Bandung dengan jumlah kelas subyek penelitian terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pendapatkan pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbasis scaffolding dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Jumlah subyek sebanyak 191 siswa dengan perincian: di kelas eksperimen sebanyak 89 siswa dan kelas kontrol sebanyak 102 siswa yang masing-masing tersebar di 3 SD berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah dilakukan PBL berbasis Scaffolding dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional, dimana diperoleh nilai estimated marginal mean pada kelompok  eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol, yakni 0,318 > 0,124.


Keywords


Problem Based Learning Berbasis Scaffolding;Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Clark, K. K., Jacobs, J., Pittman, M. E., & Borko, H. (2005). Strategies for building mathematical communication in the middle school classroom: Modeled in professional development, implemented in the classroom. Current Issues in Middle Level Education, 11(2), 1-12.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evens, H. & Houssart, J. (2004). Categorizing pupils’ written answers to a mathematics test question: ‘I know but I can’t explain.’ Educational Research. 46(3) 269-282. from ERIC database.

Haylock, D & Thangata, F. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. SAGE Publications Ltd. London.

Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2006). Why minimal guidance during instruction does not work: an analysis of the failure of constructivist, discovery, problem-based, experiential, and inquiry-based teaching. Educational Psychologist, 41,75-86. http://dx.doi.org/10.1207/s15326985sep4102_1.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Prayitno, S., dkk. 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.

Qohar, A. & Sumarmo, U. 2013. Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High School Students by Using Reciptional Teaching. Indo MS. J. M.E, Vol. 4, 59-74.

Qohar, A. 2011. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba dan Seminar Matematika XIX. UNY: Yogyakarta.

Shadiq, F. (2007) Empat Objek Langsung Matematika Menurut Gagne . Tersedia di: http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2008/12/download_08_gagne median_1.pdf.

Sierens, E., Soenens, B., Vansteenkiste, M., Goossens, L., & Dochy, F. (2006). The authoritative teaching style: a model for the study of teaching styles. Pedagogische Studien, 83, 419-431.

Sweller, J., Kirschner, P. A., & Clark, R. E. (2007). Why minimally guided teaching techniques do not work: a reply to commentaries. Educational Psychologist, 42, 115-121. http://dx.doi.org/10.1080/00461520701263426.

Van de Walle, J.A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.33-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.