IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLVING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VA SDN 56 PEKANBARU

Riyanda Maisya, Neni Hermita, Eddy Noviana, Mahmud Alpusari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SDN 56 Pekanbaru Jalan T.Cik Ditiro Sudirman. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan complex problem solving skills siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode outdoor learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan bentuk desain one group pretest posttest designdenganjumlahsubjeksebanyak19 siswa yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Dalam penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan tes awal sehingga besarnya efek atau pengaruh penerapan metode outdoor learning dapat diketahui secara pasti. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah dilakukan uji statistik dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel, terdapatnya perbedaan complex problem solving skills siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode outdoor learning. Pada pretest memiliki nilai rata-rata sebesar 49,05 dengan nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 11. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode outdoor learning, hasil complex problem solving skills siswa meningkat secara signifikan yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 60 dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah sebesar 16.Rata-rata peningkatan nilai pretest dan posttest adalah 0,21 dengan interpretasi rendah. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan complex problem solving skills siswa kelas V A SDN 56 Pekanbaru yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest denganmenerapkan metode outdoor learning.


Keywords


Metode Outdoor Learning;Complex Problem Solving Skills

Full Text:

PDF

References


Cintami, Mukminan. 2018. Efektivitas Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Berdasarkan Locus Of Control di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang.(15)164-174

Denny, Dergibson dkk. 2003. Teknik Sampling. Cetakan II. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan II. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatimah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. 05(04):85-86

Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.(01)332-337

Heni Linawati. 2015. Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep IPA Kelas IV Sekolah Dasar. 03(02):261-264

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Karmila. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok terhadap Hasil Belajar IPS di SDN. (02)26-32

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanti, D. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X 6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Purwanto. 2008. Penerapan Metode Partisipatori Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor). (Online). (http://purwanto65. Wordpress.com/2008/07/21/penerapan-metode-partisipatori/, Diakses 5 Januari 2011).

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cetakan X. Bandung:Alfabeta,cv.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan V. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Cetakan IX. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwardana, H. 2017. Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental.(01) 102-110.

Suyadi. 2009. Pengelolaan Kelas. (Online). (http://suarakomunitas.net/profil/mentari. diakses 1 februari 2011).

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: DIVA Press.

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widodo Winarso. 2014. Problem Solving, Creativity, dan Decision Making Dalam Pembelajaran Matematika. 03(01):3-4

Yuliarto, H. 2010. Pendidikan Luar Kelas sebagai Pilar Pembentukan Karakter Siswa. Yogyakarta : FIK UNY.

Wahyuni, S. Suana, W. Dkk. 2017. Developing Science Process Skills and Problem Solving Abilities Based On Outdoor Learning In Junior High School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (01)165-169. 10.15294/jpii.v6il.6849.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.22-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.