MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA VII SMAN 15 SURABAYA MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI

Sunu Catur Budiyono

Abstract


Berdasar hasil survei yang telah dilakukan oleh peneliti—menunjukkan kualitas pembelajaran menulis siswa di kelas X IPA 7 SMAN 15 Surabaya tergolong masih rendah. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah penerapan media film animasi agar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X IPA 7 SMAN 15 Surabaya. Haisl pembahasan, berdasarkan hasil tindakan pada siklus I dan II, dinyatakan terjadi peningkatan baik dari segi proses pembelajaran menulis anekdot (kerja sama siswa, inisiatif siswa, perhatian siswa, dan bekerja sistematis), maupun kualitas hasil keterampilan siswa (kemampuan siswa mengungkapkan gagasan, perbendaharaan kosa kata, penggunaan EBI, dan perolehan nilai).


Keywords


Teks Anekdot; Film Animasi

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofian dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Ashar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asrori, Mohammad.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV Wacana Prima.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta

Http://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Karikatur 29 juli 2011

Keraf, Goyis. 2003. Argumentsi dan Anekdot. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Meleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakrya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilain dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metodologi, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyadi, A. Rahmat. 2008. Menjadi Penulis Prifesional itu Mudah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya

Wardani, IGAK dan Wihardit, Kuswaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.13-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.