MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA VII SMAN 15 SURABAYA MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI
Abstract
Berdasar hasil survei yang telah dilakukan oleh peneliti—menunjukkan kualitas pembelajaran menulis siswa di kelas X IPA 7 SMAN 15 Surabaya tergolong masih rendah. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah penerapan media film animasi agar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X IPA 7 SMAN 15 Surabaya. Haisl pembahasan, berdasarkan hasil tindakan pada siklus I dan II, dinyatakan terjadi peningkatan baik dari segi proses pembelajaran menulis anekdot (kerja sama siswa, inisiatif siswa, perhatian siswa, dan bekerja sistematis), maupun kualitas hasil keterampilan siswa (kemampuan siswa mengungkapkan gagasan, perbendaharaan kosa kata, penggunaan EBI, dan perolehan nilai).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofian dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Ashar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asrori, Mohammad.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV Wacana Prima.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta
Http://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Karikatur 29 juli 2011
Keraf, Goyis. 2003. Argumentsi dan Anekdot. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
__________. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Meleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilain dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metodologi, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyadi, A. Rahmat. 2008. Menjadi Penulis Prifesional itu Mudah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya
Wardani, IGAK dan Wihardit, Kuswaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.13-21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.