PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA TOPIK BILANGAN BULAT UNTUK SISWA SD PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNRI
DOI:
https://doi.org/10.33578/Keywords:
media interaktif berbasis computerAbstract
Permasalahan yang dihadapi saat ini baik guru maupun siswa dalam belajar matematika antara lain: kurangnya variasi metode mengajar guru dalam penyampaian materi untuk para siswa, masih rendahnya motivasi siswa dalam belajar, minimnya media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Dari fakta yang didapat, maka tim peneliti mencoba memberikan solusi dari permasalahan tersebut yang tepat adalah melakukan pengembangan bahan ajar/media interaktif berbasis komputer. Tekhnologi komputer dapat dimanfaatkan untuk merancang bahan ajar/media matematika yang interktif. Bahan ajar interaktif berbasis komputer ini menyajikan materi bilangan bulat dengan animasi yang lebih menarik dan menyenangkan untuk operasi hitung kali, bagi, tambah dan kurang. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan istilah Research and Development (R & D). Pengembangan ini dilakukan berpedoman pada karakteristik siswa SD. Jadi mereka lebih cepat menangkap pelajaran dari hal-hal yang kongkret yang dipadukan dengan animasi karena sesuai dengan usia siswa SD. Hasil validasi dari para validator menunjukkan bahan ajar matematika interaktif berbasis computer pada materi bilangan bulat telah valid (bahan ajar telah sesuai dengan yang diharpkan). Hasil uji coba yang dilakukan pada kelas IV SD Babussalam Pekanbaru menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis computer pada materi bilangan bulat sudah praktis, terbukti dari hasil deskripsi dan analisis data yang diperoleh dapat disimplkan bahwa bahan ajar efektif dalam memunculkan aktivitas belajar siswa dan dapat membuat siswa belajar mandiri dan menyenangkan (asyik)
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licence
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.