MODEL PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs SWASTA KABUPATEN ROKAN HULU

Widodo Widodo

Abstract


Penilaian ranah afektif pada tingkat spiritual merupakan salah satu jenis penilaian pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, masalah yang ditemukan dilapangan, guru Pendidikan Agama Islam cenderung mengabaikan penilaian afektif pada tingkat spiritual dan lebih memfokuskan pembelajaran pada penuntasan kognitif semata. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan yang telah dilakukan selama ini. 2) Untuk mengembangkan Model Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu yang ideal. Jenis penelitian ini mengunakan pengembangan (Research and Devlopment) yaitu model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Rokan Hulu. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta dinyatakan belum valid., dan 2) Model yang ideal penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Swasta Kabupaten Rokan Hulu, penulis lakukan melalui proses penelitian dan pengembangan (Research and Development). Sehingga model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam lebih efektif dan efesien.

Keywords


Model penilaian; hasil belajar; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Borg, WR and Gall, MD. (1989). Education Research: An Introduction, (New York, First Edition, Longman).

BSNP. (2007). Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Junaidi. (2016). Modul Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI.

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mimin Haryati. (2007). Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar, Bandung: Rosdakrya.

Oemar Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar, Jakarat: Bumi Akasar.

Tayar Yususf. (1987). Jumalis Etek, Keragaman Teknik Evaluasi dan Metode penerapan Jiwa Agama, Jakarta: IND-HILL-CO.

T. Raka Joni. (1997). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Jakarta, YP2LPM.

Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP), Jakarta: KENCANA.

Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran Bandung, Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.46-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.